Demo

Bicara soal sejarah jam tangan, tidak lepas dari bentuk awalnya yaitu sebagai jam saku, dimana konsep jam tangan pertama kali pada abad 16 di eropa, yaitu hadiah dari Robert Dudley kepada Ratu Elizabeth 1 dari Inggris. Pada awalnya jam tangan diperuntukan untuk wanita, namun seiring perkembangan zaman, jam saku terasa tidak praktis khususnya untuk pria. Profesi pilot dan tentara membutuhkan jam yang praktis dan mudah untuk dilihat.

Perang dunia satu merupakan salah satu momen dimana peruntukan jam tangan tidak lagi untuk wanita, tapi pria yang berprofesi sebagai tentara yang membutuhkan kordinasi dan strategi perang membutuhkan informasi waktu yang akurat, mengingat saat itu banyak pria yang berprofesi sebagai tentara di eropa. Jam automatic pertama diciptakan oleh John Harwood yang memudahlan pengguna untuk tidak selalu melakukan winding
manual secara terus menerus.

Hamilton Watch Company, menciptakan jam elektronik pertama. Hal ini disambut meriah oleh masyarakat di era itu. Namun Hamillton masih memiliki pekerjaan rumah. Mekanisme jam tangan yang belum sempurna, karena akurasi jam tangan tersebut akan terganggu ketika system elektroniknya bermasalah.

Berdasarkan hal itu, Bulova mengembangkan hal tersebut dengan meyempurnakan mekanisme getaran pada sistem jam tangan elektronik itu. Hal ini berkaitan dengan proyek NASA yang butuh jam tangan dengan tingkat akurasi tinggi di dalam kendaraan antariksa. Accutron juga menyempurnakan penghantar elektrik dengan diperkenalkannya transistor yang membuat jam bisa beroperasi lebih lama.


Produsen jam tangan asal swiss merasa terancam dengan inovasi yang dilakukan oleh Bulova. Para produsen ini lalu berinisiatif untuk membiayai sebuah penelitian untuk menciptakan jam tangan dengan mekanisme quartz untuk mengatur akurasi jam. Penelitian tersebut berlangsunh di laboratorium Centre Electronique Horloger yang sekarang bernama Centre Suisse D’electronique Et Microtehcnique (CSEM).

CEH akhirnya resmi memperkenalkan prototype jam quartz pertama pada tahun 1967, sebetulnya mekanisme quartz sudah di aplikasikan pada jam besar namun belum diaplikasikan pada jam tangan. Namun Seiko lah yang pertama kali memperkenalkan jam tangan quartz secara komersial, dengan meluncurkan Seiko Quartz Astron.

Halo, silahkan hubungi kami untuk info lebih lengkap

Chat Sekarang